Serial ES6 – Apa itu ES6

posted in: Blog, Javascript | 1

Apa itu es6? Pertanyaan ini sering muncul bagi mereka yang baru belajar javascript. Hal ini wajar, bahkan bagi yang sudah belajar javascript pun tetap masih banyak yang belum tahu. Jadi sebenarnya baik pemula maupun yang sudah belajar tapi belum tahu, paling tidak harus mengerti, karena es6 sangat penting dikuasai untuk pengembangan aplikasi modern. 

apa itu ES6

Okelah, langsung kita bahas yuk. Jadi es6 merupakan sebuah standar. Es sendiri memiliki kepanjangan EcmaScript. Jadi es6 sama saja kita dengan EcmaScript6. 

Kita analogikan dengan versi. Misal di es5 kita tidak bisa menggunakan keyword let dengan begitu bisa kita katakan versi javascript es5 tidak ada fitur let. Sementara let mulai didukung di versi es6 dan selanjutnya atau lebih sering kita sebut esnext. 

Kenapa ada beberapa standard javascript?

.

Jawabannya karena untuk meningkatkan javascript baik dari sisi kenyamanan maupun kemampuan. Hal ini penting mengingat kebutuhan pengembangan web saat ini tidak seperti dulu lagi, banyak aplikasi berbasis web yang semakin kompleks dan hal itu tidak mungkin atau minimal sulit jika hanya mengandalkan versi javascript lama. Oleh karena itu dikeluarkan standar standar baru untuk mensupport kebutuhan tersebut.

Beberapa contoh sintak / fitur baru di es6

  1. let 
  2. const
  3. Arrow Function
  4. Spread properties dan spread operator
  5. Class

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai 5 fitur di atas, silahkan download ebook gratis saya berjudul “7 Jurus Baru Javascript” di sana dibahas lebih detail mengenai fitur-fitur baru di atas. Selain itu, kamu juga bisa memmbaca artikel-artikel berikut ini:

  1. Serial ES6 – Promise
  2. Serial ES6 – Module
  3. Serial ES6 – Symbol

Saya coba fitur seperti contoh di artikel apa itu ES6 kok error ya?

Itu karena meskipun es6 sudah diimplementasikan sebagai standar javascript, namun belum semua browser mendukung untuk menjalankan fitur-fiturnya. Butuh waktu memang, apalagi saat ini penggunaan browser-browser versi lama pun masih ada. Dan untuk versi terbaru pun tidak serta-merta langsung mengimplementasikannya. Akan tetapi para vendor browser seperti Chrome, Firefox, dll menerapkannya secara bertahap. Tabel informasi terkait fitur apa yang didukung di browser, bisa dilihat di sini https://kangax.github.io/compat-table/es6/

Follow Muhammad Azamuddin:

Latest posts from